Minggu, 27 September 2009

Capital Expenditure II

Tahapan dalam Pengeluaran Modal

Seperti janji saya sebelumnya di Capital Expenditure I, disini saya akan menuliskan tentang tahapan dalam melakukan pengeluaran modal (hehe Sok banget ya, Gpp yah yang penting PD aja lagi). Baca terus yah sampai selesai.

Dalam melakukan perencanaan pengeluaran modal tahapan yang dalaluinya adalah sebagai berikut:

1. Indentifikasi dan Pendefinisian Investasi yang Potensial.

Tahap awal dalam investasi modal adalah pengidentifikasian dan pendefinisian suatu invetasi modal. Setiap jenis investasi modal yang akan dilakukan harus konsisten dengan tujuan organisasi dan mampu memperbaiki operasi perusahaan. Manajemen harus mendefinisikan batasan suatu investasi modal atau projek dengan jelas. Ketidakjelasan definisi dan batasan suatu investasi projek akan mempersulit dalam melakukan estimasi pendapatan, biaya, dan arus kas.

2. Evaluasi dan Pemilihan Investasi.

Evaluasi atas investasi modal memerlukan perhatian yang serius dari manajemen. Evaluasi ini memerlukan proyeksi pendapatan atau keuntungan, biaya, dan arus kas selama siklus hidup projek. Hal ini akan memberikan gambaran kepada manajemen atas sumber daya perusahaan yang akan digunakan dalam investasi projek dan memberikan ukuran apakah perusahaan mampu menyerap biaya.

Dalam mengevaluasi pengeluaran modal, manajemen juga harus mempertimbangkan banyak faktor yang tidak dapat diukur secara kuantitaif. Pertimbangan strategi dan intuisi seringkali menggerakan keputusan dibandingkan hasil penilaian investasi dengan metode kuantitatif.

Pengaruh analisis keuangan bukan merupakan faktor satu-satunya yang dijadikan pertimbangan dalam mengevaluasi dan menyeleksi investasi modal. Alasan non-keuangan diantaranya pengendalian polusi, peraturan hukum, komitmen kontrak, dan lain sebagainya.

Meskipun terdapat faktor non-finansial, pertimbangan strategi dan intuisi manajemen bukan berarti evaluasi keuangan tidak dibutuhkan dalam keputusan tersebut. Contohnya, meskipun perusahaan harus menyediakan peralatan untuk mengurangi polusi dalam rangka memenuhi kewajiban hukum, analisis keuangan untuk mengetahui biaya proyek tersebut juga dibutuhkan.

Dalam melakukan evaluasi dan pemilihan investasi terdapat teknik-teknik yang dapat digunakan. Apa saja itu.??? ikuti terus yah di Capital Expenditure III.

3. Monitoring

Investasi modal yang telah diputuskan membutuhkan monitoring meskipun telah dilakukan evaluasi secara hati-hati. Pada saat projek mulai berjalan, situasi dan variabel yang sesungguhnya mulai kelihatan. Jika situasi dan variabel yang sesungguhnya terdapat penyimpangan dari rencana, perusahaan perlu memodifikasi rencana awal dan memiliih serangkaian tindakan untuk mendapatkan hasil yang terbaik bagi perusahaan.

Segitu dulu yah tentang langkah-langkah/tahapan dalam pengeluaran modal. mudah2an bermanfaat untuk sobat-sobat pengunjung blog. jangan lupa yah kasih komentar. Oh iya tunggu kelanjutannya ya di Capital Expenditur III.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ceng damang?wah corporate culture yeuh....
d antos ah susu murni d ciwaruga

Subscribe to updates